Selasa, 20 Desember 2011

Program (Pengentasan) Kemiskinan

Sejenak, pagi ini saya ingin sedikit berbagi mengenai salah satu program yang saat ini sedang saya garap. Program PLP BK, PNPM Perkotaan yang nota bene adalah porgram pengentasan kemiskinan yang mana sumber dana berasal dari world bank.
Saya ditempatkan disalah satu wilayah di kabupaten kebumen, jawa tengah. Desa candiwulan, sebuah wilayah dengan hampir 75% adalah pertanian. Program ini, dengan semua kontradiksi dibelakangnya, menyimpan berjuta potensi yang sangat luar biasa. baik itu potensi yang propoor, atau potensi menghancurkan tatanan kenegaraan. Bagaimana tidak, dengan dana 1 milyar untuk 1 desa, membuat rakyat lebih percaya terhadap program ini dari pada program yang sudah dibuat oleh pemerintah sendiri atau yang biasa kita sebut dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional baik itu dari Nasional hingga ke desa.
Saya tidak ingin membahas mengenai semua kontoversi itu. Yang pasti, program ini harus benar benar nyata dalam pendampingan, jangan sampai hanya menjadi buah bibir yang tak bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar