Selasa, 20 Desember 2011

tambal ban

fyuuh.. masih 80 km lagi, ban motor malah bocor.. biarlah, mungkin inilah Allah memberikan nikmat kepadaku, agar sejenak aku istirahat, menikmati perjalananlah...
sampai akhirnya, ku tuntun motorku dan kutemukan tambal ban, kecil, kumuh.. terlihat aku dapat antrian nomer 3..  mantap betul.. sambil nongkrong, menunggu antrian, ku amati bapak si tukang tambal, 2 orang, satunya sang bapak berambut gondrong, sedang istirahat, nampaknya gantian nambal bannya..
sambil duduk-duduk, kusapa bapaknya dan akhirnya terjadilah percakapan menarik, berikut kira kira yang disampaikan bapaknya kepadaku..
" Mas, saya sudah 9 tahun jadi tukang tambal ban. Ini juga bermodal pinjam sana sini mas, 500 ribu.. maklum orang ga punya.. banyak pengalamannya disini mas, dari yang enak sampai ga enak.. yang ga enak jadi tukang tambal ban itu, banyak su'udzonnya mas.. kadang kalau ada orang lagi nambal ban, biasanya tapi ga semua, pasti mikir kalau si tukang ban pasti naruh paku biar dapet duit.. katanya.. yaahh.. begitulah mas, tapi bagaimanapun, kita harus tetap ngaruhke (menghormati.red) mas.. ini resiko jadi tukang tambal ban.. sampai sampai mas, pernah istri saya melahirkan, saya cuma punya uang 100 ribu mas.. bagaimana ga bingung mas, jadi orang miskin.. kadang kalau liat pejabat yang korupsi, cuma bisa jengkel mas.. kok ada yang tega seperti itu, ga liat kita yang ada dibawah.."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar