Jumat, 21 Oktober 2011

Menjadi pemimpin bermoral - menelisik mantan menteri ristek- bpk suharna

sering saya mendengar umpatan di media, kalau boleh jujur, SAYA MUAK! dengan umpatan itu! para pemimpin kita, walau banyak yang memang tidak proffesional dalam memegang amanah, namun setidaknya mereka mampu berbuat sesuatu untuk negeri ini. dan banyak pula sebenarnya, contoh konkret profesionalitas pemimpin kita. salah satu profil yang sangat luar biasa adalah sosok mantan menteri ristek, bapak suharna. Dari awal beliau diminta untuk menduduki peran menteri riset dan teknologi, pak suharna yang berasal dari fraksi pks ini menolak, bahkan sampai benar benar menolak, luar biasa. Dan, pada akhirnya beliau pun tetap menduduki peran itu, sebagai menteri riset dan teknologi.
dalam perjalanannya, banyak realitas program yang sangat konkret, dan jujura saya sangat merasakan program tersebut. mulai dari pembangunan komunal kincir angin di pantai baru, yogyakarta, pemberdayaan masyarakat, hingga program untuk mahasiswa.
hingga,,saya mendengar kabar mengenai pelengseran beliau dikabinet SBY, saya terkaget. Seingat saya, tidak ada data yang menunjukan kegagalan pak suharna, tidak ada pula skandal korupsi atau apapun yang menjelekan kementrian ini, bahkan, dari data yang ada, menunjukan adanya peningkatan dibandingkan dengan kementrian yang lainnya. Dengan sumber alokasi dana yang paling sedikit dibandingkan dengan kementrian lain, pak suharna mampu menunjukan prestasinya, tapi mengapa?! lagi lagi, kong kalikong SBY dipertanyakan.
saya, beberapa saat yang lalu, membaca salah satu artikel mengenai saat saat beliau di kementrian dan pada saat pencopotan beliau, menarik.
pak suharna, dikenal sebagai seorang pemimpin yang mampu memberikan contok bijak kepada seluruh pegawainya, dikenal sebagai seorang yang datang dikantor pukul 6 bahkan 05.30 sudah dikantor, luar biasa. sebelum pencopotan gelar menteri beliau, pak suharna, dengan tegas, beliau sudah berpamitan dengan seluruh staff kementrian, tak ayal, ini membuat kaget para staff di lingkungan kementrian ristek. satu per satu, pak suharna berpamitan ke seluruh ruangan ristek. luar biasa. mungkin, jika sosok pak suharna ini di ekspos ke media, mungkin beliau yang menjadi presiden 2014. mungkin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar